Informasi Terkini

Hari Anti Korupsi Sedunia dan Pengawasan Korupsi Berbasis Masyarakat

BPD Mulyasari (Karawang) - Setiap tahunnya tanggal 9 Desember akan senantiasa diperingati sebagai Hari Anti Korupsi Sedunia. Tindak kejahatan korupsi sebagaimana yang dilansir dari laman resmi UN.org tentang International Anti-Corruption Day 9 December.

Korupsi merupakan kejahatan sosial, politik dan ekonomi yang kompleks dan terjadi di semua negara. Korupsi merongrong penegakan demokrasi, memperlambat pembangunan ekonomi dan berkontribusi pada ketidakstabilan pemerintahan, merusak aturan hukum.

Kemudian tanggal 9 Desember ditetapkan sebagai Hari Antikorupsi Internasional, guna meningkatkan kesadaran akan korupsi dalam memberantas dan mencegahnya.

Pengawasan Korupsi Berbasis Masyarakat

Dengan peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia ini, diharapkan terlahirnya kesadaran sosial (masyarakat) untuk ikut bergerak melawan korupsi. Pemerintah telah mengatur dan menjamin keterlibatan masyarakat ini, bahkan memberika penghargaan.

Jaminan hukum tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2018 tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat dan Pemberian Penghargaan Dalam Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang ditetapkan pada 17 September 2018.

Pengawasan Korupsi di Tingkat Desa
Bagaimana dengan pengawasan tindak kejahatan korupsi di tingkat desa? Mengacu pada PP di atas, pengawasan yang bisa dilakukan berlaku untuk bada publik dan swasta di tingkat desa. Hanya saja kesadaran untuk ikut bergerak menyelamatkan desa dari kejahatan korupsi ini masih perlu upaya lebih intensif untuk ditumbuhkan.


BPD Mulyasari

Masyarakat di kawasan rural baru beberapa tahun kemarin melakoni kehidupan demokrasi dengan lahirnya Undang-Undang Desa yang mengamanatkan transparansi dan akuntabilitas di tingkat desa. Maka untuk itu penyadaran ini perlu digalakan oleh lembaga-lembaga di tingkat desa sendiri.

Kejahatan korupsi di tingkat desa sangat mungkin terjadi, maka perlu kiranya lembaga desa lebih serius lagi menggaungkan gerakan anti korupsi agar terlahirnya desa yang bersih, transparan dan demokratis.

Alhasil segala potensi desa dapat dinikmati oleh masyarakat desa, bukan sekadar dikantongi satu dua elite desa. Selamat Hari Anti Korupsi Sedunia :) (Redaksi BPD) - Sumber gambar: UN.org

Tidak ada komentar