Informasi Terkini

Peran Karang Taruna dalam Usaha Kesejahteraan Sosial (UKS)

BPD Mulyasari (Karawang) - Salah satu tugas yang mendasari lahirnya Karang Taruna yaitu kepedulian pada masyarakat terkait dengan upaya memajukan usaha-usaha kesejahteraan masyarakat di lingkungan desa/kelurahannya masing-masing.

Karang Taruna mesti melakukan upaya penanganan permasalahan sosial di lingkungan desa/kelurahannya sesuai dengan potensi dan kapasitas masing-masing.

Usaha Kesejahteraan Sosial (UKS) yang dapat dikelola oleh Karang Taruna bergantung pada kondisi lingkungan. Berikut ini beberapa fungsi yang dapat dijalankan di bidang UKS oleh Karang Taruna. yaitu (Pasal 6 Permensos 77/2010):
  1.  Mencegah timbulnya masalah kesejahteraan sosial, khususnya generasi muda
  2. Menyelenggarakan kesejahteraan sosial meliputi rehabilitasi, perlindungan sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial dan diklat setiap anggota masyarakat terutama generasi muda
  3. Meningkatkan Usaha Ekonomi Produktif
  4. Menumbuhkan, memperkuat dan memelihara kesadaran dan tanggung jawab sosial setiap anggota masyarakat terutama generasi muda untuk berperan secara aktif dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial
  5. Menumbuhkan, memperkuat, dan memelihara kearifan lokal; dan
  6. Memelihara dan memperkuat semangat kebangsaan, Bhineka Tunggal Ika dan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Karang Taruna yang terdiri dari elemen kepemudaan diharapkan mampu menjadi mesin yang aktif, bertenaga dan memiliki energi berlimpah untuk melakukan usaha-usaha penanganan atas beberapa masalah di atas. Baik itu penanganan yang sifatnya dari penanganan secara sederhana sampai penanganan yang terencana dan terorganisir dengan baik dan melibatkan funding berskala besar. 
BPD Mulyasari, Badan Permusyawaratan Desa

Pendekatan Usaha Kesejahteraan Sosial Dalam mengemban tugas di atas ada beberapa pendekatan yang dapat dilakukan oleh Warga Karang Taruna, agar setiap permasalah di atas dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya.
  1. Pemberian bantuan langsung dalam bentuk natura atau kebutuhan pokok kepada masyarakat penyandang masalah. 
  2. Pelayanan, memberikan bantuan tenaga, menyalurkan, mendaftarkan, memberikan informasi, 
  3. Pendampingan, memberikan bimbingan teknis dan pendampingan dalam program-program tertentu bekerjasama dengan pemerintah maupun LSM. 
  4. Penyuluhan, bimbingan sosial, memberikan motivasi, konsultasi, melakukan mediasi, serta pembinaan mental generasi muda. 
  5. Advokasi, mendorong partisipasi masyarakat untuk bersama-sama dalam suatu program bersama yang ditujukan bagi penyelesaian masalah bersama serta melakukan perbaikan lingkungan desa secara gotong royong. 
Jadi, berdasarkan uraian di atas, peran-peran Karang Taruna begitu luas dan berdampak besar bagi kesejahteraan sosial masyarakat di desa/kelurahannya masing-masing. Sehingga Karang Taruna jaman now mestilah mulai berbenah untuk bekerja mengandalkan segala potensi yang ada sesuai kapasitasnya masing-masing. 

Selain itu Karang Taruna juga mesti bersinergi dengan berbagai elemen masyarakat baik lembga desa, maupun dengan pihak-pihak di luar desa dengan tetap mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal, jiwa demokrasi dan keutuhan NKRI. (Sumber: Hukum Online, Sumber gambar: Kesejahteraan sosial)

Tidak ada komentar